KONSULTASI SKRIPSI GRATIS
PIN BB 7E5BD366

KEJENUHAN BELAJAR SISWA

Kode Skripsi : skripsi011

judul asli skripsi

EFEKTIVITAS TEKNIK SELF INSTRUCTION DALAM MENANGANI KEJENUHAN BELAJAR SISWA (PRA EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS XI IPA SMA ANGKASA LANUD HUSEN SASTRANEGARA BANDUNG TAHUN AJARAN 2010/2011)
abstrak

Siswa yang mengalami kejenuhan belajar mengalami penurunan keyakinan diri dalam akademis dan meningkatnya sikap sinisme terhadap kegiatan belajar. Bimbingan dan konseling memiliki peranan yang penting dalam menurunkan gejala kejenuhan belajar. Salah satu bentuk intervensi yang dinilai cocok adalah layanan bimbingan belajar melalui teknik self instruction dalam menangani kejenuhan belajar siswa. Masalah penelitian : (1) Apa gejala siswa yang mengalami kejenuhan belajar siswa kelas XI SMA Angkasa Bandung tahun ajaran 2010/2011?; (2) Bagaimana intensitas kejenuhan belajar siswa kelas XI SMA Angkasa Bandung tahun ajaran 2010/2011?; (3) Bagaimana rancangan intervensi teknik self instruction dalam menangani kejenuhan belajar siswa kelas XI SMA Angkasa Bandung tahun ajaran 2010/2011?; (3) Bagaimana hasil implementasi teknik self instruction dalam menangani kejenuhan belajar siswa?; (4) Berapa besar efektivitas teknik self instruction dalam menurunkan gejala kejenuhan belajar siswa?. Penelitian dilakukan menggunakan metode pra eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah angket kejenuhan belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Angkasa Bandung tahun ajaran 2010/2011 yang diambil menggunakan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t serta program SPSS for Windows versi 16.0 untuk mengukur uji beda dua rata-rata berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) secara umum kategori kejenuhan belajar siswa SMA Angkasa Bandung tahun ajaran 2010/2011 adalah sedang, (2) Rancangan intervensi melalui teknik self instruction dalam menangani kejenuhan belajar siswa berfokus pada pada penurunan gejala kejenuhan belajar meliputi : perasaan bersalah dalam belajar, mudah menyalahkan orang lain, perasaan cemas dalam belajar, mudah marah, mudah benci, perasaan terbebani dengan banyaknya tugas, merasa gagal dalam belajar, mudah menyerah, dan merasa tidak percaya diri, (4) teknik self instruction efektif dalam menangani kejenuhan belajar dan menurunkan gejala kejenuhan belajar kecuali mudah menyalahkan orang lain dan mudah menyerah. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan: (1) Konselor dapat memberikan layanan bimbingan belajar melalui teknik self instruction untuk menangani siswa yang mengalami kejenuhan belajar, (2) peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian yang serupa dengan metode single subject research agar peneliti dapat melihat penurunan gejala kejenuhan belajar setiap siswa dalam setiap sesi.


Download skripsi011 lengkap 5 bab klik unduh dibawah ini :

UNDUH

0 komentar:

Poskan Komentar

TEMPAT NONGKRONG MAHASISWA SEMESTER AKHIR