Konsultasi Skripsi Gratis BK dan Psikologi

Memberikan jasa konsultasi gratis seputar statistik dalam psikologi (uji reliabilitas dan validitas, uji-t, dan penggunaan analisis faktor) dan teori (BK dan Psikologi),

Segera gabung di https://www.facebook.com/groups/sangkonselor/

Pertanyaan diluar topik tersebut, tidak dijawab, dan untuk setiap pertanyaan hanya akan dijawab ketika admin Online.

Upaya Guru IPS Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa

Upaya Guru IPS Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa SMP Islam As-Shodiq di Kuwolu Bululawang Malang
Penulis : Mustai'in
Tahun : 2010
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Ilmu Pengetahuan Sosial
Pembimbing : 1) Drs. M. Yunus, M.Si.  
Kata Kunci : Guru IPS ,Kesulitan Belajar, Siswa SMP Islam As-Shodiq di Kuwolu Bululawang Malang

Pendidikan adalah kunci utama terbentuknya SDM yang kompeten dalam membangun bangsa. melalui pendidikan diharapkan tercipta manusia yang mampu menempatkan diri dalam masyarakat yang dapat bergerak secara luas serta tidak terbawa arus globalisasi, bahkan seharusnya mampu memegang
kendali dalam bermasyarakat untuk menghadapi segala macam bentuk lingkungan yang ada. Sebagaimana diketahui bahwasannya manusia Indonesia yang kita citacitakan adalah manusia yang kreatif dan produktif, dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi bagi peningkatan tarafnya.

Mata pelajaran IPS bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya maupun kehidupan masyarakat. Dalam mencapai hal–hal yang telah dijelaskan di atas tentu ada permasalahan yang kita hadapi dari berbagai aspek dan pihak. Permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan datang dari pihak sekolah, guru, serta siswa. Permasalahan dari lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga baik guru atau siswa. Untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar
kita perlu memperhatikan kesulitan atau masalah yang dihadapi siswa dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru khususnya pelajaran IPS.

Bagaimana mengatasi kesulitan tersebut serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung siswa dalam menerima pelajaran IPS di SMP Islam As-Shodiq. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah suatu pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata, tulisan atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati dengan menggunakan pendekatan yang 13 mengarahkan pada latar belakang individu secara utuh. penelitian dimulai
observasi, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Berdasarkan hal tersebut maka dapat ditentukan bahwa penelitian ini adalah penelitian yang berusaha untuk menghasilkan data-data dan bukan angka.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menghafal materi-materi karena padanya perampingan jam pelajaran IPS sehingga waktunya yang dirasa kurang lama. Kurangnya waktu dalam mengerjakan materi hitung-menghitung yang ada pada pelajaran ekonomi.
Upaya guru IPS guna memudahkan siswa untuk memahami dan menerima materi IPS dengan baik maka guru memberikan pembelajaran dengan model team teaching. Penggunaan model integrasi pembelajaran berdasarkan topik. Memberikan jam tambahan pelajaran IPS baik masih dalam jam pelajaran sekolah maupun diluar jam pelajaran sekolah. Faktor penghambat dalam proses pembelajaran adalah kurang lengkapnya bahan ajar yang yang mencakup empat bidang studi yakni Sosiologi/Antroplogi, Geografi, Sejarah, dan Ekonomi. Serta faktor pendukungnya adalah buku-buku yang berhubungan dengan materi-materi pelajaran IPS perpustakaan yang cukup lengkap.

KETERANGAN : SKRIPSI IPS
KODE : CC-03
(klik UNDUH.. tunggu sampai 5 detik kemudian klik di pojok atas,  klik pada tulisan SKIP AD )



0 komentar:

Poskan Komentar

TEMPAT NONGKRONG MAHASISWA SEMESTER AKHIR